diposkan pada : 02-02-2021 16:56:33

Indonesia memiliki sumber kekayaan yang tak ada habisnya. Bukan hanya sumber daya alam yang melimpah tapi juga sumber daya manusia yang memiliki keahlian seni yang luar biasa.

Dari tangan para perajin seni itulah, Indonesia bisa dikenal dengan hasil karya kerajinan tangannya yang eksotis. Tak tanggung-tanggung, banyak hasil kerajinan tangan khas Indonesia yang diekspor masuk ke pasar Eropa.

Lalu, kerajinan tangan khas Indonesia apa saja yang laku di pasar internasional? Popmama.com akan ulas pembahasan ini disini. Simak terus ya, Ma!

1. Anyaman rotan bisa menjadi berbagai macam produk

Sebagai negara yang menghasilkan banyak pohon rotan, masyarakat Indonesia terbiasa menjadikan rotan sebagai peralatan yang digunakan dalam keseharian. Mulai dari piring, tempat tisu, keranjang, tas, kursi, lemari, dan masih banyak lagi.

Ternyata hal ini menarik bagi wisatawan yang berkunjung ke Indonesia. Lalu, mereka membeli dan membawa pulang ke negaranya masing-masing. Bahkan, beberapa perajin anyaman rotan juga banyak yang menerima pesanan dari beberapa negara.

2. Kain tenun yang memiliki nilai jual tinggi

Kain tenun adalah kain yang memiliki nilai seni yang tinggi. Dalam pembuatannya, membutuhkan proses yang tidak sebentar dan butuh ketelitian agar tidak merusak kain.

Tidak sembarang orang mampu menghasilkan kain tenun yang bagus dan rapi. Perlu pengalaman dalam pengerjaannya. Maka tak heran jika nilai jual kain tenun ini tinggi.

Walaupun harganya yang tidak murah, kerajinan tangan khas Indonesia ini memiliki banyak peminat di pasar Internasional. Bukan sekadar membeli kain tapi juga membeli sebuah karya seni yang luar biasa.

3. Kain batik tulis yang mulai tergerus oleh batik print

Jika sekadar kain batik, di toko-toko juga banyak yang menjualnya. Tentu dengan harga yang lebih murah karena pengerjaannya dilakukan oleh mesin.

Akan tetapi nilai seni dan estetika dari kain batik itu tidak sebanding dengan kain batik tulis.

Kain batik tulis termasuk dalam kerajinan tangan khas Indonesia yang dicatat dalam UNESCO sebagai warisan budaya Indonesia. Kain batik tulis ini juga laku di pasar internasional.

4. Ukiran kayu Indonesia yang memiliki kualitas terbaik

Indonesia yang merupakan negara tropis dengan aneka ragam hayatinya. Banyak macam pohon-pohon besar, kuat, dan kualitasnya yang bagus membuat dunia takjub dengan kualitas kerajinan tangan ukiran kayu Indonesia.

Kerajinan tangan khas Indonesia yang satu ini memiliki ciri khas yang berbeda dari negara lain. Sebab, kayu dari pepohonan Indonesia memiliki kualitas yang bagus serta perajin seni ukiran kayu Indonesia memilki kemampuan membuat ukiran yang detail dan realistis.

5. Wayang kulit bukan hanya sebaras kerajinan tangan tapi juga kisah panggungnya

Kerajinan tangan khas Indonesia yang tak kalah menarik lainnya adalah wayang kulit. Wayang kulit bukan hanya sebatas pertunjukan wayang yang hanya dinikmati secara kisah yang mengandung filosofi hidup saja.

Wayang kulit memiliki nilai seni sebagai kerajinan tangan yang menarik untuk dijadikan buah tangan para wisatawan.

Biasanya, mereka akan menjadikan wayang kulit sebagai pajangan yang menambah unsur artistik dekorasi ruangan.